After a Long Time

I love this song so much! even though I don’t understand Korean, but I can feel the emotion of this song.. thank you for the singer (Baek Ji Young) that has brought all the feelings through her beautiful voice…🙂 God bless you

Artist : Baek Ji Young
Song Title : After a Long Time

Maju bomyeo nanudeon yaegideul
Uri dulman aratteon yaegideul
Jiulsu eopnabwa beorilsun eopnabwa
Itji mothanabwa

Oraen mane dulleobon georideul
Igireul jinal ttaemyeon johahaetteon gieogi
Jakku tteoollaseo
Balgireul meomchunda

Hancham jinaseo na jigeum yeogi wasseo
Geuttaega geuriweoseo
Moreunche sarado saenggakna deora
Geureon neoraseo jakku nune balbhyeoseo
Hamkke bonaen shigandeul
Chueokdeuldo byeol cheoreom ssoda jineunde
Neon eotteoni

Haengbokhaeman boineun saramdeul
Naman honja wero i nameun geotman gataseo
Anincheokhae bwado
Ni saenggagi nanda

Hancham jinaseo na jigeum yeogi wasseo
Geuttaega geuriweoseo
Moreunche sarado saenggakna deora
Geureon neoraseo jakku nune balbhyeoseo
Hamkke bonaen shigandeul
Chueokdeuldo byeol cheoreom ssoda jineunde
Nunmuri na

Yeogiseo neol kidarimyeon bolsu isseulka
Geuttaen malhae julsu isseulkka
Ireon nae maeumeul..

Bogo shipeoseo deo bogo shipeojyeoseo..

Geureon naraseo nan neo bakke mollaseo
Neon eopshi salda boni
Modeunge huhwero gadeukha deora
Niga eopseoseo heojeon hange deo manhaseo
Oneuldo balgeoreumeun
Ijariga geuriweo kaji mothago…
Bulleo bonda

 

Words can hurt or heal, what did yours do today?

Masalah mengampuni sepertinya selalu menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan sepanjang hidup.

Akhir-akhir ini, saya merasa banyak orang yang menyakiti hati saya. Melalui cara yang mungkin disengaja, tidak disengaja dan bahkan mungkin tidak disadari. Saya ambil contoh satu deh, sebenernya sih malas banget bahas masalah ini, tapi saya merasa menderita sendiri dan tidak tahu harus bagaimana “deal” dengan perasaan saya sendiri. Jadilah saya buat tulisan ini.

Saya sebenernya suka bertanya pada diri sendiri, kenapa saya sepertinya adalah objek yang enak untuk di ejek, kalo bahasa anak gaulnya sih “enak dibully-bully” (lol). Kenapa kaya gitu? Soalnya dari dulu sampe sekarang, anggap sepanjang yang saya inget, dari SMA lah sampai sekarang.. temen2 kayanya seneng banget ngebully2 saya, terutama sih temen2 cowok (kalo cewek sih jarang). Dan mau tau ga objek bully2 mereka yang sebenernya saya uda muak dengernya dari dulu? (maksudnya, kok ga kreatif banget ya, ada objek lain ga sih untuk dibully2? nah pertanyaan ini akhirnya jadi bumerang sih buat saya sendiri, hahaha.. nanti di bawah saya ceritain) Temen2 cowo saya yang lucu2 dan baik hati ini seneng banget ngebully2 saya tentang masalah fisik saya. Mau tau contoh2nya seperti apa?

-pernah satu kali di masa SMA, teman2 seangkatan saya yang lelaki sedang main futsal di lapangan upacara. waktu itu saya mau pergi ke gedung kelas sebrang, jadilah saya menyebrangi lapangan upacara sambil berlari kecil, karena takut kena bola juga sih. eh tiba2, ada salah seorang teman yang berteriak ke arah saya “eh itu bolanya, itu bolanya di sebelah situ!” ohmaigod!! *males banget sambil puter2 mata* kesel sih pada saat itu, tapi pengen ngakak juga kalo inget.. koook bisa2nya yah.. lol, sempet2nya becanda pas lagi main futsal..

-contoh lain ini nih, saya kan suka renang dari dulu (hobi banget si sebenernya). nah ada temen2 cowo yang suka ngeledek gini, “eh pit/rib (pit–> nama panggilan pas SMA), awas air kolamnya abis/tumpah pas lo nyebur.. inget hukum archimedes kan?” rrrrrrrrrr, pengen gw makan deh itu orang yang ngomong.. lol.. (lucu sih, tapi nyebelin)

-contoh ketiga yang saya pilih yang paling umum dan paling ngebosenin aja deh dengernya, yaitu masalah lemak lah, buncit lah, bulet lah, and whatsoever deh..

masih banyak sih contoh2 lain, yang *helooo* kalo mau saya tulisin satu2 rasanya bakal jadi buku thesis.. lol

nah itu ejekan yang udah itungan tahun, tentu aja mau ga mau pasti sempat saya pikirin.. karena kadang kesel juga sih.. kadang sambil ngaca saya mikir, “ih perasaan saya ga jelek2 amat, ga bulet2 amat, ga gendut2 amat” trus saya bandingin sama temen cewek yang mungkin menurut saya dia agak “lebih” dari saya, kok sebagian dari mereka ga dibully2 yah, kok kayanya cowok2 juga ga berani becandain.. ckckck.. sampailah saya pada suatu kesimpulan, “memang orang tertentu yang enak untuk di bully2”. dan kalau saya lihat diri saya, ketika orang2 membully2 saya, saya biasanya cuma ketawa2, sambil kesel2an sedikit, dan balas2an sedikit. tapi jangan harap saya bisa lakuin ini kalo yang membully saya orang yang saya anggap bukan teman saya/tidak dekat dengan saya. biasanya saya bisa langsung marahin itu orang karena saya ga suka sama becandanya. jadi yang baru kenal hati2 yah.. lol :p

nah sampai akhir2 ini saya merasa ada sesuatu yang berbeda dari “pembully-an” ini.. kenapa? saya ga bisa lagi ketawa2 dan lupain begitu aja. saya justru nangis dan bahkan sampai mimpi buruk. orang2 di sekitar saya mulai meng-expand pembully- annya ke hal yang saya tidak bisa toleransi lagi (atau saya bisa bilang, setiap cewek di mana juga pasti ga suka dibully di bagian ini). mereka mulai “mempermasalahkan” tentang BETIS saya. iya BETIS. saya gatau apa cowok2 ini otaknya ditaro di dengkul dulu pas dia ngomong atau gimana, tapi saya cuma mau bilang saya ga suka banget orang2 yang mempermalukan orang lain sampai kelewat batas.

let me tell something first, buat cewe, ada daerah2 sensitif yang cowo sama sekali ga boleh nge-bully, atau bahkan hanya berkomentar. ada hal2 yang lebih baik disimpan di dalam hati tanpa harus diomongin apalagi sampai dijadikan bahan ejekan. nih saya kasih tau daerah mana saja yang cewek paling benci kalau diledekin:

-dada (ex. dada terlalu kecil/rata)

-betis (terlalu besar/berotot)

-bibir/gigi (doer/tonggos)

-dsb deh (tergantung orangnya juga)

nah itu beberapa contoh hal2 di atas yang bisa bikin cewek “terluka” kenapa terluka? karena memang seperti itu.. entah kenapa dunia ini sudah membuat image kalo cewek itu harus cantik, langsing, tubuh proporsional, ga ada kekurangan sama sekali, jadi buat cewek2 yang tubuhnya jauh dari image di atas, biasanya mau ga mau pasti mikirin. menurut saya ini pembentukan image yang ngga masuk akal dan tidak berdasar. karena Tuhan menciptakan orang berbeda dan unik (ini tidak akan dibahas di sini, mungkin lain waktu). jadi ketika ada orang2 yang mem-point out kekurangan fisik dari seorang cewek, si victim pasti bakal sedih dan somehow pasti mikirin.. akan lebih parah kalau cewek ini berkepribadian melankolis, dalam kasus ekstrim, ada orang2 yang bunuh diri karena ajang bully2 ini..

nah kalau pengalaman saya, pertama kali saya dibully tentang masalah betis, saya waktu itu cuma sambil becanda mukul orang yang membully saya dengan tas yang saya bawa. waktu itu rasanya pengen marah, tapi saya cuma bisa nahan. kedua kali saya dibully, saya anggap mood saya lagi baik saat itu, saya cuma ketawa2 sambil pura2 marah, dan saya memang tidak lanjut marah beneran karena orang yang mem-bully pun tahu batas, dia tidak melanjutkan. setelah itu, ada moment2 dimana saya mikir dan terus mikir.. saya sedih, saya nanya sama Tuhan, kenapa harus ada bagian2 tubuh yang seperti ini.. kenapa saya ngga punya betis yang normal.. sampai suatu kali Tuhan jawab pertanyaan saya, dengan caranya yang lembut, Tuhan cuma bilang sama saya “anak-Ku, kamu itu sangat berharga di mataku, kamu itu ciptaan-Ku yang paling indah, Aku tidak mengasihi kamu dalam kesempurnaanmu, melainkan dalam ketidaksempurnaanmu.. kenapa kamu sedih karena betismu di saat banyak orang di dunia ini yang bahkan tidak mempunyai tubuh yang lengkap. kamu menangisi betismu di saat ada orang2 yang menangis karena tidak punya kaki..” di situ saya cuma minta ampun pada Tuhan atas kelemahan dan tidak bersyukur atas apa yang saya miliki sekarang.

namun, setelah itu ada kali ketiga saya dibully hal yang sama.. saya pikir ini ujian atas “kesadaran” saya di waktu sebelumnya.. yaitu untuk selalu bersyukur atas kondisi saya. kali yang ketiga ini momennya terjadi saat saya dan teman2 sedang merayakan ulang tahun salah satu teman. waktu itu saya baru pulang jogging (tengah malam), belum sempat mandi dan ganti baju. di sekitar saya ada teman2 yang sedang bercanda2, dan entah bagaimana ceritanya sampailah mereka pada momen untuk memberikan komentar pada fisik saya (saya bingung, ini penting banget emangnya yah?).. saya ga begitu jelas siapa yang ngomong, tapi yang saya tau ada beberapa orang yang “mengeroyok” saya dengan ejekannya.. mereka bilang percuma perut kecil dan badan kurus kalau betis tetap gede.. rrrrrrrrrrrrrr.. di situ saya cuma diem, gatau lagi mau ngomong apa. saya bingung ini orang2 mendapat kepuasan tersendiri ya dengan mengejek orang lain.. sampai ketika mereka ga ketemu bahan ejek lagi, mereka mulai mencari-cari hal2 lain yang bisa dipakai untuk mengejek orang. malam itu saya ngga stay longer, karena saya merasa kalo saya stay lebih lama, saya bisa jadi emosi dan marah2.. akhirnya saya cabut duluan.. balik ke lantai dorm, saya tidak langsung masuk kamar, saya cuma jalan menuju balkon, di situ saya cuma jongkok dan menangis. itu saat pertama kali dalam hidup, saya merasa sedih dan sakit banget hanya karena diejek. malam itu saya bilang sama Tuhan, maafin saya karena masih sedih karena hal ini, maafin saya belum bisa terima, maafin saya karena saya kecewa pada teman2 saya (apalagi ada beberapa orang yang mengejek ini adalah teman2 seiman).. pada akhirnya saya cuma bilang pada Tuhan, tolong berikan kekuatan untuk bisa mengampuni dan tidak memasukkan ke dalam hati atas semua ucapan teman2 saya itu, dan saya juga minta pengampunan untuk teman2 saya karena mungkin mereka tidak tahu apa yang telah mereka perbuat melukai hati saya.

sampai tadi malam, sekali lagi.. masalah betis ini dibahas (=.=’). puji Tuhan saya ngga marah, cuma demi nahan marah saya, saya cubit orang yang ngomong dengan pake kekuatan.. hahaha.. lucu sih, tapi kadang2 itu cara cewek2 untuk melindungi dirinya sendiri.

dan… hari ini.. sekali lagi masalah betis itu dibahas, di salah satu grup di FB. akhirnya saya sadar, saya benar2 memiliki masalah untuk dealing dengan hal ini. saya sudah menahan diri sekian lama, menahan emosi, menahan marah, dan mencoba melupakan, tapi hari ini saya somehow diingetin lagi sama Tuhan.. kalo saya cuma diam diri, artinya saya ga sayang sama diri saya sendiri. kasih bisa berarti mengampuni orang yang bersalah, tapi kasih juga berarti menjaga diri sendiri.. itu salah satu hukum yang terutama kan.. mengasihi Tuhan, diri sendiri dan sesama.. jadilah saya memutuskan untuk membuat tulisan ini.. saya tidak akan konfront langsung ke orang2 yang sudah pernah mengucapkan ejekan2 yang saya bahas di atas tapi saya kira ini bisa jadi salah satu cara saya untuk bilang ke teman2 saya, kalo saya sudah berusaha dealing dengan semua ini, dan saya sudah mengampuni kalian semua.. tapi pengampunan bukan berarti saya juga mau disakiti terus- menerus.. makanya saya buat tulisan ini.. saya harap sih, tidak ada korban pem- bully-an lagi dimanapun.. bercanda tidak pernah salah, tapi kita harus tetap berhati-hati dengan mulut kita.. kadang saya mikir, saya juga introspeksi ke diri sendiri, sayang banget rasanya kalau omongan saya, isinya cuma sampah dan apalagi sampai menyakiti orang lain..

so, jadi apa sebenernya isi dari tulisan ini? ada beberapa point yang mau saya bagikan dari pengalaman saya ini:

1. untuk belajar menjaga mulut.. banyak sekali orang2 yang kurang beruntung di dunia ini tapi tetap, mereka adalah ciptaan Tuhan. keadaan kita yang lebih baik bukan berarti kita bisa mengejek orang lain. kata2 boleh dikeluarkan selama kata2 itu berguna untuk membangun dan memang kebenaran yang harus disampaikan.

2. untuk lebih berhati2 dalam bercanda.. kadang kita terpancing untuk membalas ketika orang lain mulai mencandai kita.. tapi apa yang penting adalah belajar menguasai diri.. ketika kita menang dalam kata2, mungkin pada saat itu sebenarnya kita sudah kalah dalam hal menguasai diri kita.

3. untuk belajar bahwa selalu ada jalan untuk bisa mengampuni. baris pertama dalam tulisan ini, saya bilang mengampuni sepertinya selalu menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan sepanjang hidup. saya bilang itu benar bahwa itu sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. untuk sampai ke titik ini, sampai saya bisa menuliskan semua yang saya rasakan ini, itu bukan proses yang mudah. tapi saya mau bilang inilah salah satu cara saya mengampuni.. seperti kalimat yang sering kita dengar, “keterbukaan adalah awal dari pemulihan”.

🙂 itu sih inti dari tulisan saya ini, semoga saya (pribadi) bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik (terutama dengan diri saya sendiri) dan juga dengan teman2 semua yang mungkin pernah membully2 saya🙂 kita tetap boleh main bareng dan bercanda. dan tentu saja, kita tetap teman🙂 saya sayang kalian.

-rib

the most comfortable place to lean on is you

Sometimes, we do not need words.. hug could explain anything…

when we are this far.. about 10 thousands km (6 thousands miles) separated.. to hug you is the only thing I wanna do.. we’ve come this far, no more reason to give up.. just hold on a little bit more.. I do believe that GOD understands, HE knows we’re worth it🙂

I love you and always be loving you…

me

love in imperfection

“He’s not perfect. You aren’t either, and the two of you will never be perfect. But if he can make you laugh at least once, causes you to think twice, and if he admits to being human and making mistakes, hold onto him and give him the most you can. He isn’t going to quote poetry, he’s not thinking about you every moment, but he will give you a part of him that he knows you could break. Don’t hurt him, don’t change him, and don’t expect for more than he can give. Don’t analyze. Smile when he makes you happy, yell when he makes you mad, and miss him when he’s not there. Love hard when there is love to be had. Because perfect guys don’t exist, but there’s always one guy that is perfect for you.”
Bob Marley

 

Living Beyond Limits

http://www.ted.com/talks/amy_purdy_living_beyond_limits.html

I saw this video yesterday.. I did not expect that Amy’s story could touch my heart so deep. I actually was not touched because of her condition or how she lost her legs by meningitis, but there was very simple sentences she shared.. and how those sentences went so deep into my heart and mind.. It’s about…

Life-defining-question:

“If my life were a book and I were the Author. How would I want the story to go?” ~Amy Purdy

It looks very simple and I believe everyone could understand the meaning of it. However, another question could come out from that question, which is (I think it could be like this) “Does everyone think/care that his life is a story?”

Me, honestly, if I take a look of my life in the past.. Where and how I was born, Where I went for studying, What were the achievements I got, How I made friends, How I made a relationship, How I grew in Faith, How I learned anything, How I changed better day by day, How I defined my dreams and how hard I’ve been trying to achieve it, and.. it could be any… I can say that I did not really write the story like I wanted.. oh, a little bit correction (haha!).. maybe more correct is that I did not really think what my story would be..

I remember a story in the bible, on Luke 14:25-35

The Cost of Being a Disciple

I want to point out this verse,

Luke 14:31

“Or suppose a king is about to go to war against another king. Will he not first sit down and consider whether he is able with ten thousand men to oppose the one coming against him with twenty thousand?” ~NIV version

You may think or ask what the relationship between that story and this note is. The idea I took from the story “The cost of Being Disciple” is about how we think/plan much before we go on our decision. The decisions could be our dreams, next stage of life, or anything. Many of us, when we dream our dreams, we just think of anything without really think much about it. It could be… Oh, next year I want to go abroad to pursue a degree, Next five year I will be on my own island somewhere in Maldives, When I am 40 years old I will own my own company, etc. Dreams can be anything you want.. But the most problem is (I think) we do not really think how to achieve our dreams. We just put soooo many dreams in our mind and keep being busy with it. From Amy’s video, she said that we can imagine anything we want because in imagination we can be anything without limitation. But if we listen carefully to her sharing, we would know when she thought/imagined how her life story would be, she thought how to achieve it as well. She knew what her limitations were (which means she understood and accepted whatever she was at that time) and started building tools to help her break down her borders/limitations. It was all about strategies and actions. So, back to the story from Bible, what I want to share is that we have to see to our self first, know who we are, know our condition, know what we have, know our limitations, and accept the way we are before we go on our dream/journey/decision. Because if we know all of them clearly before we start, we would think what strategies we could do and what actions should be done.

Let’s think about this. Imagine we already have one big dream, but then we do not know how to pursue it. In the other words, lack of good strategies will encourage us to start procrastinating or doing other things.

So, right now.. I hope we can learn (me especially) how to make decision on how our life story would be and how it is gonna be written. It is not just about the goal, but also how to achieve the goal. The better story, the better feelings are given for the readers =)

Gonna learn more,

~ribka

The Death of Venus

I am more like “Venus”, but right now feel like being “Mars”.

I want to talk and solve the problem. However the closest Mars did not let me to do it.

It has been long time that I have been trying to be a “Mars” by forgetting problem and keep moving on without talking or resolving.

I realized, it was a learning process… however, it was too painful. Right now, a big hole is being dug in my heart…

Please help me.. I am dying.. Love is dying..

 

Have no more tears,

giving and receiving while living